Tuesday, July 30, 2013

KBB #35: Basic White

Tantangan KBB kali ini kubikin sehari sebelum mudik. Jadi rada ga konsen ngerjainnya karena disambi packing, beberes, siapin buka puasa. Untungnya pr kali ini ga gitu ribet, dan sebelumnya PR KBB ada yang mirip ini jadi udah ada gambaran. Bahannya simple, putih telur dan gula, tinggal kocok bentar dan masukin oven yang lamaa. Siapin topping dan jepret:) Sebenarnya ada 2 pilihan resep untuk KBB kali ini, yaitu classic pavlova dan meringue roulade, dan aku pun memilih yang ga ribet aja *cariamandotkom.* Untuk topping, buah yang aku pake strawberry, cherry ama kiwi.

Review: bikin 3/4 resep, hasil jadinya lingkaran dengan diameter 18 cm. Tekstur yang didapet pas, yaitu crispy diluar, lembut di luar. Mungkin karena buah yang kupakai manis, jadi walau gulanya udah kukurangi 20% menurutku hasil akhirnya masih terlalu manis. Bukan favorit tapi termasuk resep yang worth to try:)


Berdasarkan wikipedia:
Pavlova is a meringue-based dessert named after the Russian ballet dancer Anna Pavlova. The dessert is believed to have been created in honour of the dancer either during or after one of her tours to Australia and New Zealand in the 1920s. The nationality of its creator has been a source of argument between the two nations for many years, but formal research indicates New Zealand as the source
The dessert is a popular dish and an important part of the national cuisine of both countries, and with its simple recipe, is frequently served during celebratory and holiday meals. It is a dessert most identified with the summer time, but is eaten all year round in many Australian and New Zealand homes.

Classic Berry Pavlova
Sumber: ABC Delicious: Sweets
4 butir putih telur dalam suhu ruangan
250 gram gula caster
2 sendok teh tepung maizena
1 sendok teh cuka anggur putih (vi: diganti air lemon)
½ sendok teh ekstrak vanilla
2 x 125 gram raspberry
125 gram blueberry
250 gram strawberry, buang kelopaknya, iris
300 mililiter krim kental
5 sendok makan gula icing

Panaskan oven suhu 150C. Alasi loyang dengan baking paper dan gambar lingkar 22cm.

Kocok putih telur dengan sejumput garam menggunakan mixer elektrik hingga pucuk tumpul. Masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok, hingga adonan mengkilat dan stiff. Masukkan tepung maizena, cuka dan vanilla, aduk rata.

Gunakan sendok besar (atau spatula), tumpuk adonan meringue ke atas gambar lingkar di atas baking paper, lalu buatlah semacam lekukan di tengah adonan meringue menggunakan punggung sendok.

Masukkan dalam oven dan segera turunkan suhu oven ke 100C. Panggang selama 2 ½ jam hingga kulit pavlova mengering. Biarkan di dalam oven hingga pav dingin.

Masukkan satu bagian dari raspberry ke dalam blender dengan 3 sendok makan gula icing, proses sampai lembut. Saring dan buang bijinya.

Kocok krim dengan sisa gula icing hingga pucuk tumpul. Isi bagian tengah pavlova dengan krim kocok dan tabur dengan buah-buahan berry. Sendokkan saus raspberry ke atas susunan buah-buahan, hidangkan segera.


2 comments:

aisacitra said...

Assalamualaikum mba vivi, salam kenal...saya newbie nihh..lg cari2 gmn pake oven listrik, eh nyasar ke blog ini, tp gak nyesel ngeliat banyak resep yg bisa aku cobain,, thanks for sharing mba

Vivi Rahayu said...

Waalaikumsalam mbak Aisa, makasih mbak udah mampir ke blog saya. Udah main ke blog mbak Aisa juga... seru banyak tips hijab dan makanan sehat di sana:)Tfs